Tuesday, June 26, 2012

No Poo ... Let's Go Green

Tak terasa ... sudah setahun saya mengikuti paham No Poo .... apakah itu No Poo .. ?


mari kita baca disini ... yang saya kutip dari Wikipedia

-----------------------------------


Theory

The first synthetic shampoos were introduced in the 1930s,[3] with daily shampooing becoming the norm in the US by the 1970s and 1980s.[1] Proponents of "no poo"-practices believe that shampoo removes the natural oils (sebum) produced by the scalp—causing the scalp to produce more oil to compensate.[1][2] They also believe that regular shampooing causes a "vicious cycle" to develop as it becomes necessary to shampoo regularly to compensate for the excess oils (that were stripped by shampooing).[1]
According to some dermatologists, a gradual reduction in shampoo use will cause the sebaceous glands to produce at a slower rate, resulting in less oil on the scalp and hair.[2] The time taken to break the cycle after adopting "no poo"-practices varies, however a "two- to six-week period" is typical.[1] However, NASA and Soviet studies on hygiene in preparation for space station missions do not support this conclusion [4], and no mechanism of action for how the sebaceous glands below the skin detect sebum levels in hair has been proposed.

Shampoo typically contains chemical additives such as sodium lauryl sulfate and sodium laureth sulfate. There are health concerns about these chemicals, which can irritate the skin of sensitive persons (or of anyone if not thoroughly rinsed).[5] Such chemical additives are also believed by some consumers to dry out their hair.[6]
Some shampoos also include silicone derivatives (such as dimethicone), which is claimed to coat the hair[citation needed]. While it is claimed that silicone derivatives protect the hair and make it more manageable[citation needed] (dimethicone is a common ingredient in smoothing serums and detangling conditioners), the film that proponents assert coats the hair is also claimed to prevent moisture from entering the hair, eventually drying it out[citation needed].

[edit]Application

The purest form of "no poo" adoption is to use only water to wash hair, however there are other approaches possible by people wishing to avoid oil-stripping substances and chemicals that they consider unnecessary for the maintenance of their hair. Methods for washing hair without shampoo include washing with dissolved baking soda followed by an acidic rinse such as diluted vinegar.[2][1] Also honey and various oils (such as coconut oil) can be used.
Following a 2007 radio interview that Australian Richard Glover held with Matthew Parris (a Times columnist "who hadn't shampooed for more than a decade"), Glover "decided to challenge his audience to go without shampoo for six weeks". Of the over 500 participants in the challenge, 86% reported that "their hair was either better or the same" following the challenge. [7]
------------------------------------------------------

Naaah ... sudah mengerti khan ?
Kenapa saya mengikuti gerakan tanpa shampoo ini ? Karena saya sangat mencintai bumi dan tubuh saya. Sebisa mungkin berusaha untuk memelihara bumi kita yang sudah semakin tua ini.
Dan sebisa mungkin menghindari tubuh saya dari benda-benda chemical ... salah satunya adalah detergent.

Maka ... saya cobalah si No Poo method ini.
Pertama saya menggunakan baking soda yang bisa kita dapati di supermarket besar ...



dan kemudian dikombinasi dengan Apple Vinegar sebagai conditionernya



tapi berhubung rambut saya sangat lemas  ... maka saya mengganti Apple Vinegar dengan Jeruk nipis 



dan hasilnya menggembirakan sekali .. memang awalnya rambut terasa lepek dan tidak wangi ... karena kita terbiasa dengan shampoo yang wanginyaaaa... hhhmmmm ... semerbaaak .... hehe

tapi lama kelamaan ... rambut saya yang tadinya lemas sekali, lepek dan mudah berminyak ..  setelah beberapa minggu menggunakan method No Poo ini  .. lama-lama rambut jadi ada Bodynya dan tidak lepek, tidak gampang berminyak ... "makin bagus" kata suami saya .. hehe .. wink wink 

Tertarik ... ? ayo kita cintai bumi dan tubuh kita dengan mengurangi detergent

Berikut adalah link mengenai fakta tentang No Poo dan beberapa metode yang bisa kita ikuti resepnya ...


Lets Go Green ... !!

    10 comments:

    Indah Apsari said...

    waaah, jadi tertariikk, itubaking sodanya dicapur air lagi kah mba mi? trus komposisinya berapa mba? *ketauan males baca* wkwkwk :P

    makasih infonya mba mi :D

    Mi (なおみ) said...

    hahaha ... dasar Indah ....

    iya baking sodanya 1 sendok makan dicampur di satu cangkir air ... aduuuk

    udah deh .. siram di rambut mu yang sudah dibahasi terlebih dahulu .. hehe .. aku kaya' tukang salon yah ... haha

    tapi harus kasih pelembut alami seperti madu atau apple vinegar .. karena kalau baking soda aja rambut bakalan berasa kesat/keras gitu

    kalau rambut kamu cenderung kering tambah madu atau apple vinegar sebagai conditionernya

    kalau aku karena tipis dan berminyak jadi aku kasih jeruk nipis aja ...


    ayo coba ndah .. tapi jangan putus asa duluan yah pas pertama-tama pake' .. pasti bakalan berasa gak enak dan lepek

    tapiii .... rasakan hasilnya kemudian .. hehe

    Mi (なおみ) said...

    o iyaa .. ketinggalan ...

    si campuran baking soda ... jangan dicampur dengan madu atau apple vinegar+air atau jeruk nipis yah ..

    harus satu persatu : basahi rambut ... pakai campuran baking soda+air dulu .. bilas .. setelah itu baru pakai madu atau apple vinegar+air atau jeruk nipis.

    jreng jreeeng .. rambut akan semakin indah berkilau ... seperti nama mu ... hehe

    Indah Apsari said...

    Hwaaa, makasih banyak mba mi...
    Jadi gasabar ingin segera mencoba, hihihi.. ^^

    e. n. i said...

    berarti gak berbusa ya pimpi??
    waduuwww rambut aq twebeeell bgt nihh suka rontok juga di pakein apa gantinya jeruk nipis itu??
    *eh malah konsultasi plus curhat..hihihi*

    Mi (なおみ) said...

    haha .. aku jadi konsultan rambut gini ....

    iyaaa jadinya gak berbusa .. tapi rambut tetep bersih .. malah lebih bersih.

    kalo' rambut kamu tebel dan agak kaku .. coba pakai madu atau apple vinegar ... karena ada yang gak kuat dengan aroma apple vinegar .. maka diganti dengan madu ... ....

    kalau aku karena rambutku udah lemes .. jadi aku pakai jeruk nipis sebagai conditioner ... karena kalau pakai baking soda aja rambut berasa keset gitu ...


    "cobalah .. kamu akan takjub dengan indahnya rambutmu sendiri "..iklan produk No Poo .... haha

    Uty said...

    pimpi kl pk madu ujung2nya doang ato di seluruh rambut?

    Dian Novianti said...

    Waduh. baru tahu, nih, ada teknik cuci rambut kayak ginih. Jadi pengen coba juga.
    BTW, itu baking sodanya, yang biasa dipake buat bikin kue, ya? Trus cuci rambutnya berapa kali seminggu?
    Saya biasa cuci rambut seminggu sekali dan berambut panjang, hampir mencapai pinggang. Belom sempet potong rambut lagi, sih. Udah beruban pula, padahal belum tua-tua banget. Pengaruh sampo juga kali, ya?

    Mi (なおみ) said...

    hai Uty ... kalau pake' madu ... tambahin di ujung ujungnya aja ... tapi trus dipijet pijet gitu biar meresap ... hehe

    aku kaya' konsultan rambut yah ... :)

    Mi (なおみ) said...

    @Dian ... aku sih biasa keramas setiap hari ... hehe .. maklum Jakarta udaranya sangat gak bersih ...

    baking soda-nya yang bisa buat segala macam kebutuhan .. buat bersihkan buah dan sayur juga bisa ... fotonya sudah aku posting ...

    kalau soal uban .. hihi .. aku kurang mengerti ...

    (^-^)

    Related Posts with Thumbnails